Mengenai Saya

Foto saya
wonogiri, jawatengah, Indonesia

Kamis, 04 Agustus 2016

Kabupaten wonogiri


Kabupaten Wonogiri


sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Wonogiri
Sejarah berdirinya Kabupaten Wonogiri dimulai dari kerajaan kecil di bumi Nglaroh Desa Pule Kecamatan Selogiri. Di daerah inilah dimulainya penyusunan bentuk organisasi pemerintahan yang masih sangat terbatas dan sangat sederhana, yang dikemudian hari menjadi simbol semangat pemersatu perjuangan rakyat. Inisiatif untuk menjadikan Wonogiri (Nglaroh) sebagai basis perjuangan Raden Mas Said, adalah dari rakyat Wonogiri sendiri (Wiradiwangsa) yang kemudian didukung oleh penduduk Wonogiri pada saat itu. Mulai saat itulah Nglaroh menjadi daerah yang sangat penting, yang melahirkan peristiwa-peristiwa bersejarah di kemudian hari. Tepatnya pada hari Rabu Kliwon tanggal 3 Rabiul awal (Mulud) Tahun Jumakir , Windu Senggoro : Angrasa retu ngoyang jagad atau 1666, dan apabila mengikuti perhitungan masehi maka menjadi hari Rabu Kliwon tanggal 19 Mei 1741 ( Kahutaman Sumbering Giri Linuwih), Ngalaroh telah menjadi kerajaan kecil yang dikuatkan dengan dibentuknya kepala punggawa dan patih sebagai perlengkapan (institusi pemerintah) suatu kerajaan walaupun masih sangat sederhana. Masyarakat Wonogiri dengan pimpinan Raden Mas Said selama penjajajahan Belanda Jerih payah pengeran Samber Nyawa (Raden Mas Said) ini berakhir dengan hasil sukses terbukti beliau dapat menjadi Adipati di Mangkunegaran dan Bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya ( KGPAA) Mangkunegoro I. Peristiwa tersebut diteladani hingga sekarang karena berkat sikap dan sifat kahutaman ( keberanian dan keluhuran budi ) perjuangan pemimpin, pemuka masyarakat yang selalu didukung semangat kerja sama seluruh rakyat di Wilayah Kabupaten Wonogiri


Wonogiri, kabupaten eks-Karesidenan Surakarta yang diapit dua provinsi sekaligus: DI Yogyakarta dan Jawa Timur.Wonogiri secara Bahasa Jawa wono = hutan giri = gunung (hutan di pegunungan). wonogiri adalah kabupaten di Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Bagian utara berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo, bagian selatan langsung di bibir Pantai Selatan, bagian barat berbatasan dengan Gunung Kidul di Provinsi Yogyakarta, Bagian timur berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Pacitan. Ibu kotanya terletak di Kecamatan Wonogiri.
Kecamatan di Kabupaten Wonogiri ada 25 yaitu: Baturetno, Batuwarno, Bulukerto, Eromoko, Girimarto, Giritontro, Giriwoyo, Jatipurno, Jatiroto, Jatisrono, Karangtengah, Kismantoro, Manyaran, Ngadirojo, Nguntoronadi, Paranggupito, Pracimantoro, Puhpelem, Purwantoro, Selogiri, Sidoharjo, Slogohimo, Tirtomoyo, Wonogiri, Wuryantoro.
Di bidang pariwisata Wonogiri mempunyai banyak tempat tempat yang indah untuk di kunjungi baik wisata kuliner, alam, budaya, spiritualnya diantaranya bakso dan mie ayamnya, nasi tiwul, pindang, mete, tari kethek ogleng, obyek wisata waduk gajah mungkur, museum kars, hutan jati donoloyo, airterjun stren girimanik, museum wayang, pantai nampu, pantai sembukan, landasan gantole, kali kahyangan, bukit cumbri, goa putri kencono, wono asri seper, gunung gandul, air terjun banyu nibo, jurug kemukus, hutan pinus, desa wisata Kepuhsari, Manyaran Wonogiri yang meraih juara 1 Kategori Kelembagaan dalam lomba Pokdarwis se Jateng 2016  dan masik banyak tempat wisata alam lainya yang menyajikan spot pemandangan yang mengagumkan.
Di bidang industri, Kabupaten Wonogiri kini memiliki beberapa perusahaan garmen dan menjadi perusahaan yang maju. Deltomed Laboratories dan Air Mancur contoh perusahaan jamu yang maju. Menghasilkan produk-produk jamu kemasan modern, perusahaan ini termasuk salah satu industri yang mampu bersaing di tingkat nasional. Industri jamu juga terdapat pada level industri kecil, di mana banyak perajin jamu yang memasarkan di pasaran lokal. Di samping jamu, Kabupaten Wonogiri juga memiliki industri makanan bakso. Sebagaimana perajin jamu,Industri transportasi di Kabupaten Wonogiri juga turut memberikan sumbangan. Beberapa perusahaan transportasi bus AKAP (antar kota antar provinsi) banyak terdapat dan dimiliki oleh pengusaha lokal. Rata-rata mereka melayani rute ke arah Jakarta, beberapa kota di pulau Sumatera dan kota Denpasar. ada juga pabrik mete di daerah tanjungsari  jatisrono yang di sini sebagian besar masyarakat nya juga mengolah jambu mete menjadi makanan camilan yang terkenal enak dan berkwalitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar