Mengenai Saya

Foto saya
wonogiri, jawatengah, Indonesia

Selasa, 09 Agustus 2016

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur adalah sebuah waduk yang terletak 6 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Mulai dibangun pada akhir tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada tahun 1978. Waduk ini bisa mengairi sawah di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. waduk ini juga menjadi icon wisata kabupaten wonogiri,Selain itu juga menghasilkan listrik dari PLTA. Untuk membangun waduk ini pemerintah memindahkan penduduk yang tergusur perairan waduk dengan transmigrasi bedol desa ke Sitiung, wilayah Provinsi Sumatera Barat.

waduk gajah mungkur ini dikatakan sebagai waduk multiguna, sebab waduk ini dimanfaatkan oleh masynarakat sekitar untuk irigasi sawah pertanian, digunakan sebagai karamba yang dikelola untuk memberdayakan ikan, sebagai aliran sumber energi dan PLTA di Kabupaten Wonogiri,waduk gajah mungkur ini dijadikan sebagai obyek wisata air yaitu bernama Sendang Asri yang dikembangkan menjadi obyek wisata, pengelola memberikan fasilitas kepada setiap para pengunjung diantaranya; perahu boat,taman (taman tombo galau,)  panggung hiburan, wahana bermain. waterboom,taman satwa dll.

Sejarah terbangunnya Waduk Gajah Mungkur adalah Sebelum tahun 1966 di daerah sepanjang Sungai Bengawan Solo sering terjadi banjir, dan untuk menanggulanginya dibangunlah Waduk Gajah Mungkur yang menenggelamkan 51 desa. Asal nama Waduk Gajah Mungkur diambil dari Gunung Gajah Mungkur yang berada di sebelah Waduk,Nama Gajah Mungkur sendiri dapat diartikan sebagai sosok seekor gajah yang nampak dari belakang. Jadi gunung tersebut seperti “pantat” gajah yang mungkur (membelakangi).

Demikian tadi sekilas tentang Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri yang saat ini telah dijadikan sebagai destinasi wisata favorit di Kabupaten Wonogiri.

TM dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar